:: Gunung Burni Telong ::

Sabtu, 20 April 2013

Sebagai daerah yang berada di dataran tinggi, tanah Gayo menyimpan begitu banyak objek alam yang menarik untuk di jelajahi bagi para pengiat alam bebas. Salah satu objek dengan minat khusus seperti mendaki gunung. Mendaki gunung Burni Telong yang merupakan salah satu gunung api aktif di tanah gayo atau tepatnya di kawasan Lampahan, Kec. Timang Gajah, Kab. Bener Meriah, tentu merupakan agenda petualangan yang sayang di lewatkan begitu saja.

Gunung Burni Telong terlihat dari Lampahan

Sejauh mata memandang seluas angkasa luar, begitulah mungkin ungkapan yang pantas. Apa yang terlihat dari puncak Gunung Burni Telong dengan ketinggian -+2.624 Mdpl, yang terlihat dari sana merupakan sebagian kebesaranNYA yang sangat laur biasa. Udara sejuk yang selalu menyelimuti, panorama lembah dan gunung-gunung yang selalu mengiringi pandangan mata. Begitu banyak yang dapat kita sadari ketika kita berada diatasnya, keindahan, kekuasaan, kenikmatak terhamparluas samudera biru.

Gunung Burni Geureudong terlihat dari puncak Burni Telong
Mendaki ke puncak Burni Telong dapat dicapai dari beberapa jalur. Untuk jalur yang sering dilalui dari lereng barat daya melalui Bandar Lampahan, Kecamatan Timang Gajah yang berjarak 3 km dari simpang jalan utama Takengon-Bireun. Umumnya para pendaki naik lewat lereng barat daya. Dibutuhkan waktu sekitar 3-5 jam untuk mencapai puncak. Sebelum sampai ke pintu rimba, harus melalui kebun kopi milik petani setempat. Burni Telong termasuk kedalam tipe gunung berapi strato.


Syedara Jak Sabe Rahmad Mulia / Pada Pendakian Burni  Telong / Tanggal 24 Agustus 2012
Puncak Gunung Burni Telong hanya berukuran kira-kira sekitar 4x6 meter. Tampak di depan sebuah jurang dengan dinding tebing batu.


Jurang terlihat dari puncak Burni Telong


Berdiri di puncak dan melihat Panorama alam yang sangat luar biasa indahnya, dan mencoba sedikit membayangkan apa yang terjadi pada tahun 1924 silam. Di balik pesonanya, Gunung Burni Telong pernah meletus pada Tanggal 7 Desember 1924, dan menyebabkan kerusakan hebat lingkungan sekitarnya termasuk lahan pertanian dan perkampungan.


Pemandanga Danau Laut Tawar dari atas puncak gunung Burni Telong
Selain itu di kawasan gunung Burni Telong banyak terdapat aneka ragam flora yang sangat menarik dan jarang di jumpai di tempat biasa, salah satunya bunga Edelweiss, kantung Semar, Angreek hutan, dan banyak yang lainnya.


Bunga Edelweiss
Kantung Semar

Satu yang pasti, mendaki gunung Burni Telongmenggapai puncaknya ini merupakan satu hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja bagi para petualang, jika berkunjung ke kawasan tanah Gayo.


Syedara Jak Sabe Firman Hidayat & Aidil Syahputra Summit Gunung Burni Telong
Dari Jak Sabe Untuk semua penjelajah Rimba Tuhan, Salam Bahagia, Salam Damai, dan Salam Lestari..!

Keep your spirit to explore the wild around you..!

0 komentar: