Hariang Beureum Tanaman Survival

Senin, 28 Januari 2013

Hariang Beureum (Begonia Isopreta Dryand.In.Sm.Ic) salah satu tumbuhan yang hidup di gunung dan bisa di jadikan sebagai tanaman survival untuk bertahan hidup. Tumbuhan ini banyak ditemukan digunung-gunung, diatas ke tinggian 1.200mdpl. Ciri khas tumbuhan ini, batangnya yang terkadang berwarna merah kadang juga berwarna hijau serta berbuku-buku dan ditumbuhi bulu-bulu. Duaunnya yang berbentuk bulat lonjong dan sedikit membundar ke pangkal dan di tumbuhi oleh bulu-bulu juga. Dalam satu rumpun terkadang batangnya terdapat lebih dari tiga hingga lima batang. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga satu meter tingginya, juga terkadang memiliki bunga berbentuk bunga bertandan dangan dua tandan bunga untuk setiap bunganya. Berwarna putih dan terkadang kemerahan. Tumbuh di hutan yang rindang dan lembab.

Bentuk Daun Hariang Beureum
Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk survival. Batangnya mengandung air dengan rasa asam sama seperti rasa belimbing sayur. Untuk pemanfaattannya, patahkan batangnya lalu kupas kulitnya yang mengandung bulu. Tumbuhan ini juga bisa dimakan mentah, umbi dan daunnya juga bisa dimakan. Tanaman ini juga bisa dijadikan obat untuk pengobatan demam. Caranya, rebuslah umbi hingga batang dan daunnya, di rebus sampai mendidih lalu disaring airnya dan minumkan ke penderita.


Bentuk Batang Hariang Beureum Yang Berbulu
Dalam situasi survival, usahakan untuk tidak memakan satu jenis tumbuhan saja. Campur dengan  tumbuhan survival yang lain.

0 komentar: