:: Suhom Waterfall in Aceh ::

Kamis, 16 Agustus 2012


Nama lain Air Terjun Suhom adalah Air Terjun Lhoong atau Krueng Kala,  Air terjun ini memiliki sumber air dari sebuah perbukitan dengan tumpahan airnya sekitar 20 meter. Posisi air terjun ini berada di tengah panorama alam yang indah dan alami. Di sekitarnya terdapat banyak pohon durian, sehingga pada musim durian banyak yang berjualan durian di sekitar air terjun. Di samping itu, di sekitar air terjun juga terdapat lokasi yang dapat digunakan untuk berkemah (camping).



Air terjun yang deras ini menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitar Desa Kreung Kala. Sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro kini telah dibangun di dekat air terjun dan dioperasikan untuk mengaliri listrik kepada 200 KK (Kepala Keluarga) penduduk Desa Kreung Kala.



Lokasi
Terletak di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong. Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Peta dan Koordinat GPS: 5° 16' 59.47" N  95° 16' 1.82" E



Aksesbilitas
Berjarak kurang lebih 75 Km sebelah barat Banda Aceh atau sekitar 3 km dari jalan raya antara Banda Aceh dengan Calang, Aceh Jaya.  Untuk mencapai Air Terjun Suhom dari Banda Aceh, bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dan memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Perjalanan ke sana melalui rute Banda Aceh – Calang (Aceh Jaya), melewati Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga dan Kecamatan Leupung. 



Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 5.000,- tidak peduli menggunakan mobil ataupun menggunakan sepeda motor.  



Fasilitas dan Akomodasi
Tersedia warung-warung penjual kopi dan mie di lokasi ini.  Sayangnya, di lokasi wisata ini banyak terdapat sampah dan kotoran yang dibuang secara sembarangan oleh pengunjung.



Informasi Kontak
Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Besar: Jl.Prof. A.Majid Ibrahim No.4. Phone (0651) 92513. Kota Jantho, Kab.Aceh Besar - NAD

0 komentar: